Desa Midang Wakili LOBAR Lomba Posyandu tingkat provinsi

  • Sep 30, 2022
  • ARDI RAHMAN

Desa Midang wakili Lobar Lomba Posyandu Tk Propinsi NTB

Kamis 29 September 2022 Tim penilai lomba posyandu tk propinsi NTB mengunjungi Posyandu Berlian 2 Dusun Midang Desa Midang Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat  dengan disambut oleh Setda Lobar , Ketua TP PKK kabupaten Lombok Barat ,Kadis DPMD Lobar,Camat Gunungsari  dan Kepala Desa Midang yg mengalungkan selempang kepada semua dewan juri yang terhormat dan di arena 
acara penerimaan lantunan syair Thola"al Badru 'alaina dari group khadroh  turut meriahkan suasana.
Acara penerimaan berjalan dengan khidmat diawali sambutan Dari Setda Lobar , perkenalan Tim juri dan penyampaian selayang pandang oleh Kades Midang dimana pada akhir penyampaian kades midang berpantun " jika Tim penilai tidak ikhlas memberi juara 2 Maka berikan kami juara satu " yg disambut tepuk tangan hadirin .
Setelah acara penerimaan ,Tim penilai menuju lokasi kegiatan posyandu menyusuri aliran saluran irigasi yang airnya jernih membuat bapak ketua Tim penilai Teguh Gatot Yuwono sedikit bertanya apakh setiap hari air saluran ini sejernih ini ? Dgn diplomatis dijawab oleh sekdes midang bhw pemdes berupaya dengan memasang sekat penjaring sampah di dam penampung air sehingga sampah dari luar tidak masuk ke aliran Saluran sedangkan utk warga diberikan edukasi utk tdk buang sampah di sungai dengan memilah sampahnya menjadikannya ecobrik yg menjadi Pagar sepanjang saluran dan  diarahkan utk jadi KPM TPS 3R. Pemanfaatan saluran dengan kerambapun tak luput dari pandangan pak Teguh Yuwono lagi - lagi beliau bercanda dg mengatakan keramba itu kosong , namun tiba2 segerombolan ikan pun menampakkan diri tapi sayang ikannya Masih kecil katanya.
Para Tim juri lanjut menguak keunikan - keunikan dan keunggulan  posyandu Berlian 2 Dusun Midang Adalah salh satu dewan juri Bapak H.Sahnan bertanya kepada ketua Posga Berlian 2 Dusun Midang Buhari Muslim apa saja inovasi dari Posga Berlian 2 selain kelola sampah, Buhari menyampaikan bahwa ada satu kegiatan yg diinisiasi oleh kader posyandu bekerja sama dengan LKD dalam Hal ini Ketua RT bahwa utk setiap ada warga yang sakit bapak RT berkeliling  utk mengumpulkan dana utk membantu pengobatan dan biaya lainnya.
Di tempat pelayanan lainnya seperti di pelayanan Balita dewan juri disuguhkan integrasi posyandu dengan BKB emas dgn kader berseragam Hitam putih yg ceria sesuai Salam BKB emasnya membuat ibu Baiq Ayu juita langsung memberi point ditempat 90 katanya sumringah.
Di tempat pelayanan Ibu hamil ,Bindu PTM Dan lansia dewan juri kagum dengan visualisasi data Dan dokumentasi yg lengkap dan rapi Dan disinkronkan dengan penyampaian selaayang pandang kades nyambung komentar pak Irpan Dilaga.
Di setiap tempat pelayanan juri dan tamu lainnya  disambut dg keramah tamahan pun di stan UMKM semua dapat berbelanja kuliner yang tentunya menggugah selera.
Penilaian terus berlanjut sampe pada akhirnya tiba waktu makan siang . Dg nuansa kolam renang yg segar para juri pun tak lupa mengabadikan moment2 indah dengan berbagai gaya .GAS POL KUY !!! KE POSGA BERLIAN 2 .  Salam redaksi Pemdes midang